Siapa pun dapat membersihkan suatu ruangan, tetapi menjaga kebersihannya memerlukan disiplin. Namun, disiplin seperti itu tidak perlu ditakuti. Untungnya, Anda dapat membersihkan suatu ruangan satu kali dan kemudian menerapkan taktik dan pengaturan tertentu dengan berbagai cara agar ruangan tetap bersih lebih lama. Berikut cara membersihkan ruangan agar tetap bersih.
Sering Rapikan
Ini adalah fakta kehidupan yang sederhana bahwa kita sering memiliki terlalu banyak hal-hal dalam hidup kita. Jauh lebih banyak dari yang kita perlukan. Luangkan waktu satu hari untuk melihat-lihat ruang kantor bisnis Anda untuk menentukan apa yang Anda miliki dan putuskan apa yang benar-benar Anda butuhkan. Mulailah dengan meja Anda. Perhatikan apa yang ada di sana, lalu sisihkan ruang untuk tiga tumpukan: barang-barang penting, barang-barang untuk disimpan, dan barang-barang yang dapat Anda buang atau berikan. Buang barang tersebut jika Anda sudah lama tidak menggunakannya atau tidak lagi merasakan keterikatan apa pun padanya. Setelah membersihkan ruang kerja Anda, lakukan pengecekan berkala untuk melihat apakah hal-hal yang “perlu” masih diperlukan. Lebih mudah untuk membersihkannya setelah Anda membuang batch pertama.
Hilangkan Kertas
Kertas memakan lebih banyak ruang daripada yang Anda kira. Kertas juga cenderung menempel dan berantakan karena kita mementingkan dokumen yang tidak diperlukan. Pertama, lakukan tanpa kertas dengan tagihan dan dokumentasi lainnya. Tagihan dan faktur kertas cenderung bertahan karena tampaknya cukup “penting” untuk dihemat. Nah, Anda juga bisa menyimpannya dalam format elektronik. Sejujurnya, satu-satunya surat yang harus Anda simpan hanyalah kontrak dan sewa, surat-surat pribadi seperti akta kelahiran, perkawinan, dan kematian, informasi jaminan sosial, surat wasiat, polis asuransi, dan sejenisnya. Tentukan kepentingan individu dari dokumen bisnis Anda, dan buang sekamnya dengan menyewa tim profesional untuk menghancurkannya. Pastikan Anda menerima sertifikat pemusnahan untuk memastikan sekam tersebut hilang selamanya. Mengurangi kertas akan mendorong Anda untuk berhenti mengumpulkannya.
Penyimpanan yang Tepat
Penting untuk menyediakan barang-barang tertentu saat Anda membutuhkannya, tetapi itu tidak berarti barang-barang tersebut harus selalu terbuka. Nilai kemampuan penyimpanan Anda. Lemari arsip adalah yang terbaik untuk menyimpan semua dokumen penting di atas. Anda dapat menyesuaikan ruang lemari dan area lain yang tidak terlihat dengan rak dan perlengkapan lainnya untuk memaksimalkan ruang penyimpanan Anda. Penyimpanan di luar lokasi merupakan nilai tambah, namun jangan biarkan garasi sewaan atau sejenisnya hanya menjadi tempat menampung sampah dan meluap. Di luar pandangan, di luar pikiran pada akhirnya akan kembali menggigit Anda!
Libatkan Orang Lain
Berikut tip terakhir tentang cara membersihkan ruangan agar tetap bersih. Apakah ada banyak orang yang bekerja di satu ruangan bersama Anda? Keadaan seperti ini dapat menyebabkan lebih banyak sampah, namun juga dapat memastikan suatu ruangan tetap bersih melalui dorongan dan pendidikan. Putar tugas pembersihan dan dorong kebiasaan di atas pada karyawan Anda. Latihlah individu untuk mengenali tahap-tahap awal dari kekacauan dan kekotoran sehingga mereka dapat mencegahnya. Kebersihan kantor, fasilitas, gudang, atau lokasi kerja adalah upaya tim!
Tampilan Postingan: 76